Arsip blog ini

30 Agu 2011

Tradisi “Unik” yang Dinanti Saat Idul Fitri


1. Ketupat dan Opor Ayam. makanan ini biasanya “wajib” dibuat disetiap hari raya Idul fitri. entah mulai kapan makanan ini hadir dalam setiap perayaan idul fitri, namun yang pasti bukan idul fitri namanya jika tidak ada makanan ini. biasaya saya menyatap makanan ini selepas sholat Ied berjamaah.


Quote:
Spoiler for Pict:

2.Takbiran .Allahhu Akbar…3x……, kumandang takbir yang mengagungkan kebesaran Allah SWT, pasti sering kita dengar di masjid, mushala atau surau-surau di malam Idul fitri. bahkan ada sebagian masyarakat indonesia yang menyambut Idul fitri dengan melakukan Takbir Keliling dengan menggunakan truk maupun mobil pick up dengan membawa bedug lengkap dengan peralatan soundsistemnya. ah,….saya tidak bisa membayangkan jika malam Idul fitri tanpa takbiran. bagaimana rasanya?

Quote:
Spoiler for Pict:

3. Beli Pakaian baru. sejak saya kecil membeli Pakaian baru menjelang lebaran adalah tradisi yang tidak pernah rela saya lewatkan. saya tidak tahu pastinya sampai kapan saya mulai meninggalkan tradisi ini. mungkin setelah saya duduk dibangku SMA, karena mulai beranjak dewasa sehingga baru saya menganggap tradisi ini sudah tidak begitu penting lagi. Tapi itu bukan jaminan, karena beberapa hari lalu saya membeli pakaian baru.

Quote:
Spoiler for Pict:

4. THR (Tunjangan Hari Raya). ini dia tradisi bagi-bagi “hadiah” yang paling saya tunggu setiap tahunnya. saya yakin semua orang yang merayakan idul fitri pasti menanti tradisi ini, apapun bentuk “hadiahnya” yang namanya THR pasti senang saja menerimanya. walaupun dalam hati banyak yang berharap di kasih “mentahnya” saja.
Quote:
Spoiler for Pict:

5.MUDIK Tradisi mudik lebaran memang telah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia, banyak orang berbondong-bondong mudik dari kota-kota besar (tempat mereka mencari nafkah) menuju ke kampung halamannya masing-masing secara bersama-sama di waktu yang bersamaan pula. Akibatnya sudah bisa ditebak, arus lalu lintas menjadi macet, banyak terjadi kecelakaan lalu lintas dan tindak kriminal.

Quote:
Spoiler for Pict:

Pada waktu musim mudik tiba, seluruh sarana transfortasi baik itu darat, laut dan udara pasti akan ludes diserbu para pemudik. Mereka rela berdesak-desakan,antri berjam-jam atau bahkan membayar biaya yang tidak sedikit hanya supaya bisa mudik ke kempung halaman mereka dan bisa berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman ketika hari nan fitri (hari raya Idul Fitri) tiba.

Selamat Iedul fitri 1432 H

baca juga