Arsip blog ini

30 Des 2011

Mahluk-mahluk mitologi yang melegenda di dunia 3

Gnome

Gnome adalah makhluk dari Mitologi Eropa yang memiliki tubuh yang sangat kecil. Gnome adalah peri tanah dalam Mitologi Eropa. Gnome tinggal di hutan-hutan dan hidup terisolasi dari mahkluk mahkluk lainnya.

Beelzebub

Beelzebub adalah nama dari salah satu dari 7 raja neraka yang merupakan dewa yang disembah di Filistin, kota Ekron.

Satyr

Satyr aslinya terlihat sebagai teman kambing-kambing dewa dalam masyarakat kuno Yunani. Gambaran pertama satyrs adalah laki-laki normal, walaupun sering terlihat dengan kemaluan yang sedang ereksi. Lalu digabungkan dengan mitologi Roma dimana mulai digambarkan sebagai setengah manusia dan setengah kambing. Satyr digambarkan sebagai makhluk yang nakal, merusak dan berbahaya, pemalu dan pengecut. Pada masa lampau, sering mereka digambarkan mempunyai tanduk di kepala, dan yang muda terlihat mempunyai banyak masalah.

Faun

Faun, sangat mirip dengan Satyr, kecuali sifatnya yang lebih kekanak-kanakan dan hidup di pinggiran kota Romawi, mereka memiliki kaki dari kambing, dengan tubuh atas manusia, dan telinga yang runcing. Dalam mitologi Romawi, Faun hidup di hutan pedalaman yang tidak terjangkau manusia. Faun Romawi dekat dengan Satyr dari Yunani, mereka mahluk yang liar. Seperti Satyr, Faun memiliki tanduk, namun yang membedakannya dengan Satyr ialah, Satyr memiliki telapak kaki manusia, sedangkan Faun adalah milik kambing. Mereka juga suka berdansa dan meminum anggur, dengan para Nymph yang bernyanyi, Faun sangat dekat dengan alam, terutama Hutan.

Nymphs

Dalam mitologi Yunani, Nymph adalah salah satu kaum dari makhluk legendaris yang berwujud wanita, tinggal di tempat-tempat tertentu dan menyatu dengan alam. Mereka diidentikkan dengan peri, atau bidadari yang tinggal di alam bebas. Mereka personifikasi dari alam, dan spirit dari tempat-tempat tertentu yang dapat ditemukan di alam liar, seperti sungai, pepohonan, air terjun, mata air, gunung, dan sebagainya. Mereka terbagi menjadi beberapa golongan sesuai dengan tempat dimana mereka bisa ditemukan.

Dwarf

Dwarf adalah manusia kerdil dalam dongeng-dongeng Nordik dan Jerman. Dalam mitologi, penggambaran diri kurcaci adalah rupanya yang seperti manusia, namun berukuran lebih kecil dan pendek. Mereka berjanggut panjang dan tampak lebih tua dari ukuran tubuhnya. Mereka hidup di gua-gua di daerah pegunungan atau di bawah tanah. Mereka mampu beradaptasi di lingkungan bawah tanah dan mampu melihat dengan baik di dalam kegelapan. Di sana mereka menggali barang-barang tambang seperti emas, perak, besi, dan sebagainya.

Lucifer

Lucifer adalah nama yang seringkali diberikan kepada Setan dalam keyakinan Kristen karena penafsiran tertentu atas sebuah ayat dalam Kitab Yesaya. Secara lebih khusus, diyakini bahwa inilah nama setan sebelum ia diusir dari surga.

Buraq

Buraq adalah mahluk mitologi yang berasal dari arab. Buraq dipercaya membawa nabi Muhammad SAW hijrah dari masjidil haram ke masjidil aqsa kemudian terbang ke langit ke 7 untuk menerima wahyu kitab suci Al-Quran hanya dalam semalam. Peristiwa ini dinamakan Isra Mi'raj. Buraq merupakan seekor binatang yang rupanya seperti kuda. Ukurannya sedikit lebih kecil daripada kuda tapi lebih besar dari keledai. Lariannya secepat kilat. Buraq akan memanjangkan kaki belakangnya ketika ia mendaki manakala akan memanjangkan kaki depannya pula apabila ia menurun. Menggerak-gerakkan telinga dan kakinya adalah kebiasaan buraq. Di samping rupanya yang cantik, terdapat sayap pada kedua pahanya yang membantu kecepatan lompatannya.

Gargoyle

Gargoyle adalah ukiran patung monster yang biasanya berada di luar bangunan batu. Mereka digunakan untuk dua keperluan, satu untuk menakuti dan mengusir hal-hal jahat di sekitar bangunan mereka dan yang kedua sebagai penyalur air dari atap gedung ke jalan. Gargoyle yang tidak digunakan untuk mengalirkan air disebut Grotesque. Gargoyle berasal dari Prancis, istilah Gargoyle lebih banyak digunakan dalam pekerjaan abad pertengahan, namun seiring berjalannya waktu, beberapa menganggapnya hanya sekedar penyalur air yang menarik. Di Mesir, Gargoyle digunakan untuk pembuangan air dari tempat membersihkan bejana suci yang berada di kuil.

Baphomet

Baphomet adalah satu dari puja-pujaan kaum Qabalis yang mewakili Setan. Makhluk ini berkepala kambing bertanduk atau dikenal dengan kambing “Mendes”, lambang kuno untuk setan. Penampilannya melambangkan kekuatan-kekuatan hitam disatukan dengan kemampuan beranak-pinak seperti halnya kambing. Di dahi, di antara dua tanduk di bawah suluh, adalah lambang pentagram. Bagian bawah badannya diselubungi kain hitam yang melambangkan kerahasiaan. Baphomet digambarkan sebagai makhluk hermaphrodit dengan mempunyai buah dada lambang kewanitaan dan phallus lambang kelaki-lakian. Dua ular melingkar di phallus yang berdiri. Ular juga merupakan simbol dari Setan.

Leviathan

Monster laut besar berbentuk seperti naga dan biasanya muncul bersamaan dengan badai laut. Mahkluk ini benar-benar ditakuti orang-orang pelaut zaman dulu.

Mothman

Mothman adalah salah satu urban legend yang cukup terkenal di daerah Virginia. Mothman digambarkan sebagai mahluk bersayap dan setinggi manusia, bermata merah, kadang muncul tanpa kepala. Pertama kali ditemukan di daerah perkuburan di Virginia tahun 1926. Hingga hari ini, polisi masih menerima laporan mengenai kemunculan Mothman. Siapa dia? Tidak seorang pun yang tahu. Secara umum, tidak pernah ada laporan ada orang yang diserang Mothman.

Ogopogo

Monster laut yang serupa dengan Nessie di danau Loch Ness. Bedanya, Ogopogo ditemukan di danau Okanagan, Kanada. Masyarakat mengenal Monster ini dengan sebutan Ogopogo. Legenda makhluk misterius danau Okanagan ini sudah terdengar kisahnya sejak tahun 1850, dimana pada awal tahun itu untuk pertamakalinya Ogopogo menampakkan dirinya kepada para wisatawan dan penduduk setempat. Para saksi mata yang melihatnya menuturkan bahwa suatu makhluk dengan perawakan yang besar, berwarna gelap dan memiliki bentuk tubuh yang panjang telah muncul ke permukaan air dan berenang menyusuri tengah danau.

Argus Panoptes

Merupakan sosok laki-laki yang mempunyai mata banyak. Pada awalnya dikatakan ia mempunyai 4 mata, tapi kemudian dikatakan mempunyai ratusan mata. Ia banyak diceritakan dan muncul dalam banyak cerita petualangan. Dia membunuh banteng yang mempora-porandakan Arcadia. Dia membunuh Satyr karena mencuri sapi. Dia membunuh Echidna. Dia membalas dendam kematian Apis. Argus dibunuh oleh Hermes ketika ia menjaga Io untuk Hera.

baca juga