Arsip blog ini

4 Des 2011

Gatal Di Selangkangan.

Seorang ibu yang sudah lama menggunakan Pil KB sebagai alat kontrasepsi mengeluh gatal-gatal yang timbul diselangkangan pahanya dan terasa gatal sekali bila malam hingga mengganggu tidurnya. "Saya sudah beli salep di apotek, tapi bukannya menyembuh malah sekarang tambah melebar ke paha, warnanya coklat kehitaman." Keluh sang ibu. " Apakah ini akibat dari Pil KB yang saya minum ? " Tanya sang ibu lagi. Sebetulnya ada banyak sekali jenis penyakit kulit, tetapi melihat dari lokasi tumbuhnya penyakit kulit itu, kemungkinan besar itu adalah Penyakit Jamur Kulit. Karena jamur suka sekali tumbuh di bagian kulit yang agak lembab atau disela-sela (bisa juga tumbuh di bawah lipatan
payudara), jamur ini apabila bercampur dengan keringat...luar biasa gatalnya. Jamur yang tumbuh dilipat paha biasanya berasal dari keputihan, jadi jika ada keputihan harus disembuhkan dulu biar jamur ini nggak tumbuh terus. Dan yang lebih penting lagi daerah tersebut harus diusahakan tetap kering. Penyakit ini tidak ada kaitannya dengan Pil KB. Jadi tidak usah cemas dengan Pil KB. Bagaimana pengobatannya ?
Karena penyebabnya suatu jamur, maka obatnya tentu saja suatu anti jamur/Antifungals.(ada obat minumnya atau salepnya). Ada banyak sekali salep yang tersedia diapotek, jadi hati-hati dalam membeli obat, bila salah membeli bisa-bisa tidak sembuh dan makin melebar. Beberapa nama Antifungals yang diminum : Ketoconazole, Griseofulvin, Fluconazole . Untuk Salep antijamur/Topical Fungicides : Miconazole, Clotrimazole, Ketoconazole.

baca juga