Arsip blog ini

31 Okt 2011

"Angry Birds" Segera Meluncur ke Antariksa

KOMPAS.com — Boneka "Angry Birds", tokoh game populer yang dikembangkan Rovio Mobile, akan segera meluncur ke International Space Station (ISS). Boneka yang berwarna merah itu akan menemani kosmonot Rusia dan astronot NASA, Anton Shkaplerov, Anatoli Ivanishin, dan Dan Burbank.
Mereka akan terbang ke antariksa dengan pesawat Soyuz TMA-22 dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan pada tanggal 14 November sekitar pukul 11.14 WIB. Shkaplerov dalam konferensi pers, Senin (24/10/2011), mengatakan bahwa Angry Birds akan menjadi indikator bahwa para kosmonaut telah memasuki zona gravitasi nol.

"Indikator ini akan kami pasang di Bumi, kami gantungkan di sebuah kawat tepat di belakang pintu antara modul pendaratan dan kompartemen tempat tinggal. Pada saat kami memasuki zona tanpa bobot, tepat 10 menit setelah peluncuran, boneka itu akan melayang. Jadi, kami tahu bahwa penerbangan sukses dan telah berada di antariksa," ungkap Shkaplerov.
Selain boneka Angry Birds, tablet produksi Apple juga akan menemani astronot di ISS. Tablet ini akan dikirim dengan pesawat tanpa awak, Progress M-13M, yang akan diluncurkan dari Baikonur Cosmodrome pada tanggal 30 Oktober 2011 pukul 17.11 WIB. iPad akan menjadi tablet pertama yang dikirim ke ISS. Ia akan menemani laptop, iPod, dan iPhone yang sudah berada di antariksa.
"Rusia akan mengirimkan dua tablet dengan penerbangan Progess. Tablet itu hanya akan digunakan untuk tujuan hiburan," kata Kelly Humphries, juru bicara NASA, seperti dikutip Space.com, Selasa (25/10/2011).
Di luar tujuan hiburan, NASA sendiri tengah melakukan pengujian kemungkinan penggunaan tablet di antariksa untuk tujuan selain hiburan. Tahun depan, diharapkan ada satu atau lebih tablet lagi yang dikirim. Untuk iPad yang dikirim, belum jelas apakah juga dilengkapi dengan aplikasi permainan Angry Birds.

baca juga