Arsip blog ini

30 Okt 2011

Kendaraan Perang Super Ringan Milik AS


Kendaraan perang super ringan milik AS (FED ALPHA)
Kendaraan lapis baja yang biasanya digunakan dalam tugas militer, selalu identik dengan bobot yang berat dan rakus bahan bakar. Namun, saat ini kendaraan lapis baja akan hadir dengan bobot super ringan dan irit bahan bakar (BBM).

Seperti dilansir Caradvice, Kamis 13 Otober 2011, kendaraan yang diberinama FED ALPHA (Fuel Efficient Ground Vehicle Demonstrator) ini merupakan
besutan Ricardo Ricardo Inc dan Angkatan Darat Amerika Serikat.

Kendaraan itu berbobot ringan karena kerangkanya terbuat dari bahan aluminum Alcoa yang ringan dan kuat. Alhasil, bahan tersebut memangkas bobot kendaraan dan menunjang keiritan konsumsi BBM.

Sumber tenaganya berasal dari mesin diesel Cummins empat silinder yang dilengkapi transmisi otomatis enam tingkat kecepatan. Selain itu, agar bisa berhemat BBM, kendaraan itu juga menggunakan motor listrik berkekuatan 20 kilowatt jam dengan magnet Kollmorgen 28 volt.

Adapun bannya menggunakan ban khusus yang dibuat oleh produsen ban terkenal, Goodyear. Ban tersebut diklaim memiliki tingkat rolling resistance yang rendah sehingga tidak menyebabkan kendaraan yang menggunakannya boros BBM.

Robert Ellis, direktur untuk program pengembangan kendaraan militer Ricardo Ricardo Inc, menyebut kinerja kendaraan itu jauh lebih baik dibanding kendaraan militer lain sejenis. "Program FED merupakan aplikasi yang ideal keahlian Ricardo dalam desain kendaraan lapis baja dan peningkatan efisiensi bahan bakar," ungkapnya.



 Sumber

baca juga