Arsip blog ini

30 Okt 2011

SpongeBob Sebabkan Masalah Belajar Anak 4 Tahun

arakter film kartun SpongeBob SquarePants mendapat sorotan karena sebuah studi mengatakan bahwa hanya menonton sembilan menit acara tersebut dapat menyebabkan masalah jangka pendek belajar dan perhatian pada anak-anak berusia 4 tahun.


SpongeBob Sebabkan Masalah Belajar Anak 4 Tahun
Masalah tersebut terlihat pada 60 orang anak yang secara acak diminta untuk menonton "SpongeBob",
atau film kartun "Caillou" atau diminta untuk menggambar. Segera setelah sembilan menit diminta untuk melakukannya, anak-anak tersebut menjalani tes fungsi mental; mereka yang menonton "SpongeBob" mendapatkan nilai paling buruk dari yang lainnya.

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan menonton TV dengan masalah perhatian jangka panjang pada anak-anak, tapi studi baru menunjukkan masalah lebih cepat bisa terjadi setelah sekilas menontonnya. Para orangtua anak-anak kecil harus waspada, menurut penggagas studi.

Film kartun anak biasanya memiliki durasi sekitar 22 menit, jadi menonton keseluruhan acaranya "bisa lebih mengganggu", spekulasi para peneliti, tapi mereka mengatakan lebih banyak bukti diperlukan untuk mengkonfirmasi hal itu.

Hasil tersebut seharusnya diinterpretasikan secara hati-hati karena ukuran studinya yang kecil, tapi datanya terlihat cukup kuat dan ide pendukungnya bahwa menonton TV merupakan masalah kesehatan umum, tutur DR. Dimitri Christakis. Dia mengatakan orangtua perlu menyadari bahwa acara TV yang lebih tinggi tidak cocok untuk anak-anak kecil. "Apa yang ditonton anak-anak berpengaruh, bukan saja hanya pada seberapa banyak mereka menonton", pungkasnya.

Sumber;http://beritasi.blogspot.com

baca juga