Arsip blog ini

8 Okt 2011

Cara Mencegah Organ Intim Agar Tidak Bau

Pada umumnya kaum perempuan pernah mengalami gatal dan bau tak sedap pada organ intimnya. Kesal, tentu saja. Berikut cara merawat organ intim agar tak muncul bau tak sedap. 

Hindari kondisi lembab. Caranya, basuh dengan air bersih dari arah depan ke belakang setiap kali usai buang air kecil atau buang air besar. Selama ini banyak wanita yang cenderung membasuh organ intim dari anus ke arah vagina. 

Ini justru akan membuat bakteri yang bersarang di daerah anus masuk ke liang vagina. Akibatnya, timbul rasa gatal di daerah genital.

Ganti celana dalam minimal dua kali sehari

Pilih celana dalam dari bahan katun yang mudah menyerap keringat. Hindari celana dalam yang terlalu ketat. Celana dalam yang terlalu ketat akan menekan otot vagina dan membuat suasana lembab.

Hindari memakai celana jeans terlalu ketat di wilayah selangkangan.

Di toilet umum, hindari menggunakan air yang berada di bak atau ember.Menurut penelitian, air yang tergenang di toilet umum mengandung 70% jamur candida albicans (penyebab keputihan dan rasa gatal pada vagina). Sedangkan air yang mengalir dari keran di toilet umum mengandung kurang lebih 10 ­- 20% jamur.

Saat mengganti pembalut, lebih dulu basuh vagina dengan air bersih dan sabun.
Hindari penggunaan cairan khusus pembersih organ intim secara rutin karena akan mengganggu keseimbangan flora dalam vagina. Bila terlalu sering dipakai, justru akan membunuh bakteri baik dalam vagina, yang selanjutnya akan memicu tumbuhnya jamur. Akibatnya, muncul gatal-gatal di area organ intim.

Gunakan obat herbal khusus perawatan vagina.

baca juga