Arsip blog ini

9 Okt 2011

Kendaraan Bertenaga Kotoran Manusia

 Namanya Toilet Bike Neo, merupakan motor-toilet hybird yang seluruhnya dijalankan menggunakan bahan bakar biogas (hasil proses dari kotoran manusia!). Dibuat oleh TOTO, produsen toilet terbesar asal Jepang sebagai bagian dari kampanye untuk mengurangi emisi CO2 pada toilet-toilet  sebesar 50% hingga 2017 nanti.


Percaya atau tidak, mungkin kita tidak menyadari bahwa selama ini mencari-cari alternatif untuk bahan bakar fosil ternyata mungkin di jalan yang salah. Bikin biodiesel memanfaatkan tenaga matahari, bahkan baterai-baterai listrik sepertinya kedengaran rumit, nah apalagi ini ternyata kita bisa mentenagai kendaraan dengan prinsip benar-benar "call of nature". Teknologi biogas mungkin telah lama ditemukan dan sudah kedengaran di sini, tapi hingga bisa menjadi bahan bakar kendaraan, ini benar-benar fantastis!


Belakangan foto-foto si Toilet Bike Neo dirilis bersamaan dengan informasi sebuah tur sepanjang 600 mil di Jepang. Kendaraan bertenaga kotoran manusia ini akan memulai perjalananya pada 6 Oktober 2011, dari kantor pusat TOTO di Kitakyushu, berhenti di Nakatsu, lalu melanjutkan perjalanannya ke Kobe, Kyoto, dan berakhir di Tokyo. Meski kedengarannya seperti lelucon, tapi jika ini berhasil, maka ini akan cukup mengubah cara berpikir kita dalam mencari energi alternatif untuk bahan bakar kendaraan.

Bayangin, gan, gak perlu pup dulu kalo mau bepergian jauh, gak usah brenti-brenti di jalan buat semedi, dan yang pasti bahan bakarnya rasa kabel (kagak beli! Wkkk...).
 (Sumber: http://tototalk.jp/top.html)

baca juga