Arsip blog ini

2 Okt 2011

Kota Paling Bersih Tanpa Polusi Gas Karbon

Tingkat pencemaran udara yang saat ini sudah sangat memprihatinkan, menjadi ancaman serius bagi seluruh kehidupan kita terutama mahluk hidup yang ada tak terkecuali manusia. Kota Masdar tengah di bangun di Abu Dhabi menjadikan sebuah inspirasi bagi kota kota lain di belahan dunia untuk berpikir serius bagaimana memberikan kehidupan lebih sehat pada penghuninya.
Quote:
Spoiler for Masdar city:
kota Tanpa Polusi

Kota Masdar, Sebuah kota impian bagi solusi pencemaran lingkungan
Seperti diberitakan di beberapa jurnal sebelumnya, bukankah beberapa kota besar di Indonesia masuk dalam deretan kota paling tercemar udaranya. Lalu kapan kita mulai melakukan upaya konkret untuk menuju taraf hidup lebih baik?

Beberapa tahun silam di beberapa kota besar di tanah air sempat dipasangi alat deteksi level pencemaran udara, namun hingga kini tidak terlihat efektifitasnya, bahkan banyak dari alat pendeteksi tersebut sudah rusak.
Quote:
Spoiler for Masdar city:
kota Tanpa Polusi

Tenaga surya menjadi salah satu andalan energi yang digunakan di Kota Masdar Kembali ke topik bahasan kota Masdar, kota yang dibangun diatas lahan seluas 6 juta meter persegi tersebut dirancang sangat prestisius, sebagai pilot project bagi banyak para ahli dan ilmuwan dengan harapan bisa menjadi gambaran dan inspirasi bagi kota lainnya di dunia.
Quote:
Spoiler for Masdar city:
kota Tanpa Polusi

Konsep bangunan yang modern begitu menawan, ditambah nuansa ramah lingkungan yang menjadi ciri kota Masdar Selain aspek lingkungan yang sangat diperhatikan dalam perencanaan pembangunan kota (planologi) aspek pengembangan transportasi pun serta penyediaan enerji pun semua berorientasi pada konsep ramah lingkungan, dimana di Masdar City telah terdapat moda transportasi tanpa bahan bakar fosil juga tanpa supir alias serba otomatis.
Quote:
Spoiler for Masdar city:
kota Tanpa Polusi

Konsep kendaraan ramah lingkungan yang dirancang serba otomatis di Masdar City Tentunya siapa yang tidak ingin hidup tanpa polusi yang tidak sehat bagi tubuh? namun selain biaya tentu tidak akan terlepas dari political will serta komitmen mewujudkannya, lalu menurut kalian mampukah kita di beberapa tahun mendatang untuk memiliki kota dengan konsep ramah lingkungan yang sesungguhnya?
Tentunya jawabannya ada pada diri kita masing-masing, seberapa care kita menjaga lingkungan sekitar terdekat kita dengan tindakan kongkret bukan retorika belaka.
Spoiler for Masdar city:
kota Tanpa Polusi

baca juga