Arsip blog ini

2 Okt 2011

Belajar Tulisan Jepang



Gue iseng2 blogwalking ke blog sebelah nemu artikel yang cukup bagus dan mudah2-an bisa berguna buat kamu2, yaitu tentang belajar tulisan jepang dan gue coba hadirkan disini.

Belajar Tulisan Bahasa JepangBuat kamu yang pengen belajar bahasa jepang, pertama kita harus mengenal dan belajar 3 tipe huruf jepang, yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Banyak orang awam sebelum belajar bahasa jepang udah ketakutan dulu gara-2 huruf-2 ini, [kaya gue sendiri juga down duluan pas ngeliat itu huruf] tapi konon buat belajar huruf-2 ini gak susah-2 amat. katanya..!!  :D
Berikut jenis huruf bahasa jepang dan beberapa perbedaan-2′nya.
1. Hiragana
Huruf hiragana yaitu huruf standard jepang [kaya abjad di alphabet gitu]. Biasanya kalo anak2 TK belajar tulisan, mulai dari hiragana dulu, kalo udah SD baru mulai belajar kanji. Jadi, kalo mau belajar tulisan jepang, kamu harus bisa baca hiragana. coba aja kamu pelajari, kalo rajin sehari juga udah apal. [katanya lagi..  :D  ]

Belajar Tulisan Bahasa Jepang
Chart hiragana di atas adalah struktur hiragana yang paling dasar. kalo semua hiragana di atas udah kamu apal semua, kita lanjutin ke bawah nyok!
Kalo yang di bawah cuma tambahan2-nya doang kok. perhatiin deh, cuma beda titik dua dan buletan. tapi kalo kita tambahin titik dua atau buletan di sebelah atas tulisan hiragana, bunyinya bakal berubah. kita liat deh bedanya :
Belajar Tulisan Bahasa Jepang
Kalo chart yang di atas udah bisa juga, kita lanjutin ke bagian terakhir. jadi kita bisa ngegabungin huruf hiragana dengan huruf hiragana yang kecil. nih kita liat bunyi2nya :
Belajar Tulisan Bahasa Jepang
Coba kamu baca kalimat di bawah ini, pelan2 aja :
Belajar Tulisan Bahasa Jepang
Kalo kita liat contoh nomor 1, knapa huruf “ha” bacanya jadi “wa”?
Huruf “ha” disitu fungsinya hanya sebagai penanda subjek, dimana subjeknya kan “saya” / “watashi”. jadi kalo kita nulis “ha” yang berfungsi sebagai penanda subjek doang, bacanya menjadi “wa”. oh iya, ini ada web utk belajar cara nulis hiragana yang bener : klik disini
2.Katakana
Huruf katakana yaitu huruf yang digunain buat nulis kata2 serapan. berhubung abjad standard jepang ga bisa mencakup seluruh pronounciation dari bahasa lain [kayak misalnya huruf V, huruf W, dll].
Orang jepang membuat beberapa huruf2 khusus untuk melafalkan bunyi2 yang ga ada di bahasa standard jepang. jadi untuk penulisan nama orang2 asing [kayak kita2 gini] harus make huruf katakana.
Belajar Tulisan Bahasa Jepang
Sama kayak hiragana, ada 5 huruf dalam katakana yang bisa berubah kalo ditambahin titik dua atau buletan :
Belajar Tulisan Bahasa Jepang
Karena di bahasa jepang ga ada pelafalan huruf “v”, bunyi “wi” dan beberapa bunyi lain, untuk men-jepang-kan bahasa asing yang mengandung bunyi2 tsb ada beberapa tambahan kombinasi huruf di katakana:
Belajar Tulisan Bahasa Jepang

Belajar Tulisan Bahasa Jepang
3. Kanji
Kanji sebenernya aksara yang pertama kali dibuat oleh cina [tapi skarang korea lagi ngotot, katanya korea yang nemuin. hehe..], dan menurut sejarah jaman dulu banget, ada utusan dari jepang yang dateng ke cina untuk mempelajari huruf2 ini.
Sampe akhirnya berlakulah sistem penulisan kanji juga di jepang. kanji cina dan jepang sama persis, ga ada bedanya. cuma di cina sendiri [kecuali taiwan], kanji yang di pake sekarang ini adalah kanji yang udah di modifikasi menjadi lebih mudah. Sementara di jepang masih kanji dengan versi original.
Cara membaca kanji sendiri dibagi menjadi 2 jenis : kunyomi dan onyomi. Kunyomi adalah cara membaca versi jepang, sementara onyomi adalah cara membaca versi cina.
Kunyomi biasanya dipake untuk nulis kata2 kerja [kebanyakan sih kata kerja, tapi ada kasus2 lain juga], sementara onyomi untuk kata2 gabungan.
Banyak bunyi kanji china sama kanji jepang yang “rada” mirip kalo dibaca dengan onyomi, walaupun sbenernya beda cara bacanya [mungkin krn orang jepang ga bisa ngebaca dengan logat cina, makanya akhirnya logat cina-nya pun dijadiin logat jepang. hehehe..].
Belajar Tulisan Bahasa Jepang
Kanji disebelah kiri ini cara bacanya “Taberu” yang artinya adalah makan. ini adalah salah satu contoh cara pembacaan kanji dengan kunyomi atau cara baca versi jepang. jadi biasanya kalo pembacaan dengan kunyomi, selain kanji, ada kombinasi dari hiragana juga.
Belajar Tulisan Bahasa Jepang
Contoh ke dua. kanji disebelah kiri ini adalah kanji dengan cara baca kunyomi [ada hiragananya lagi kan disebelah kanannya], bunyinya “Nomu” yang artinya minum. selain ada kanji disebelah kanannya, di atas kanji-nya sendiri ada hiragana kan? nah itu disebut furigana.
Furigana sebenernya gak usah di tulis juga gpp, tapi untuk ngebantu anak kecil atau orang2 asing supaya gampang baca kanji, kadang2 suka ditambahin di atas kanji itu sendiri sebagai penuntun.
Belajar Tulisan Bahasa Jepang
Sekarang sebagai contoh cara baca onyomi / versi cina, kita liat gambar di kiri deh. Cara bacanya “inshoku” yang artinya makan dan minum.
Jadi biasanya kalo ada kanji gabungan kayak gini, cara membacanya dengan onyomi [versi cina], walaupun banyak juga sih kasus2 yang harus dibaca dengan kunyomi. jadi dari contoh yang gw kasih tadi bisa keliatan kan kalo 1 buah kanji itu ada macem2 cara bacanya.
Misalnya kanji makan, kalo dibaca dengan kunyomi bunyinya “Taberu”, tapi kalo dibaca dengan onyomi bunyinya “shoku”. kanji minum juga kayak gitu, kalo dengan kunyomi bacanya “Nomu”, tapi kalo dengan onyomi bacanya “in”. [bingung gak..??]
Kalo buat belajar tulisan jepang khususnya kanji emang harus niat, kalo cuma pengen skedar bisa ngomong bahasa sehari2 aja sih, gak penting2 banget. asal bisa hiragana, katakana, dan kanji2 dasar aja udah cukup kok. silahkan kamu coba..!
link terkait :http://etdahcapedeh.blogdetik.com/?p=15

baca juga